PENGENALAN SOFTWARE DIPTRACE

PENGENALAN SOFTWARE DIPTRACE


     Dalam dunia elektronika skema rangkaian pada layout PCB adalah hal dasar yang perlu dipahami sama seperti halnya komponen-komponen dan alat ukur dalam dunia elektronika. PCB menjadi sangat spesial karena tidak dijual dipasaran. Tentu PCB yang dimaksud disini adalah PCB yang sesuai dengan skema rangkaian yang telah kita buat atau akan kita gunakan nanti. Karena tentu jika PCB polos atau PCB dengan pola lubang masih mudah kita temui dipasaran.
     Zaman dulu sebelum majunya dunia komputerisasi dalam hal pembuatan skema rangkaian pada PCB,pembuatan skema rangkain pada PCB dilakukan dengan cara manual yaitu dengan menggambar
langsung skema pada PCB. Namun pada masa modern saat ini pembuatan skema untuk layout PCB dengan cara manual sudah lama ditinggalkan dengan alasan efisiensi waktu,tenaga dan dana.
     Pada masa modern saat ini kebanyakan orang membuat skema rangkaian dengan memanfaatkan teknologi yang kian maju,salah satunya dengan menggunakan software pembuat rangkaian PCB layout. Saat ini banyak sekali software pembuat skema rangkaian yang banyak dimanfaatkan dalam dunia elektronika,beberapa contohnya adalah DIPTRACE,PROTEUS dan EAGLE.
Pada post artikel kali ini kita akan membahas software DIPTRACE yang akan kita gunakan untuk membuat skema rangkaian layout PCB.
     Diptrace merupakan salah satu perangkat lunak yang berfungsi untuk mendisign PCB layout dan skematik pada rangkaian elaktronika, software diptrace merupakan salah satu bagian dari 
perkembangan multimedia yang sangat berfungsi untuk memudahkan para perancang elektronik dalam merealisasikan rancangannya. 
     DipTrace adalah desain PCB aplikasi perangkat lunak canggih yang terdiri dari 4 modul penting dalam programnya yaitu:
       1.Schematic
       2.PCB Layout
       3.Pattern Editor 
       4.Component Editor
     Diptrace selain sangat sederhana untuk sarana belajar yang cukup, merupakan suatu keberhasilan dari suatu paket software desain PCB.
     Diptrace memiliki antar muka yang sangat intuitif dan memiliki banyak fitur yang inofatif. Salah satu contohnya adalah sebuah skematik dapat dikonversi ke PCB layout dengan satu
kali klik mouse.
PROSES PEMBUATAN LAYOUT
A. Proses pembuatan skema
1. Buka aplikasi Schematic, jika ada pop up windows getting start silahkan di close saja. (bagi yang fasih bahasa inggris bisa juga di baca-baca DIPTRACE tutorial nya).
2. Ubah unit menjadi mm (milimeter) pada menu View > Unit > mm.
3. Setup library dengan masuk ke menu Library > Library Setup lalu centang “Get Libraries from folder” kemudian browse ke folder “C:\Program Files\DipTrace\Lib”.
4. Jika terganggu dengan background putih, silahkan diganti mode color pada menu View > Color ganti template “White background” dengan “Black background”.
5. Pastikan toolbar component dan toolbar libraries dalam kondisi aktif, jika tidak maka aktifkan melalui menu View > Toolbar lalu centang Libraries dan Components.
6. Klik “Discrete” pada toolbar Libraries lalu ambil resistor dengan memilih komponen “RES” pada toolbar "Components”, kemudian klik pada sheet/area gambar sebanyak 3 kali kamudian klik kanan/escape untuk kembali ke mode default.
7. Ambil komponen LED dengan memilih “SENSORD & LED” juga pada toolbar Components, kemudian taruh di sebelah kanan resistor tadi sebanyak 3 kali juga.
8. Hubungkan antar kaki komponen seperti pada gambar berikut ini :
9. Simpanlah dengan klik menu File > Save as.

B. Proses konversi ke PCB dan proses layout dengan Autorouter
1. Masih pada aplikasi Schematic, klik “Convert to PCB” pada menu “File”, pilih “Use Schematic Rules” lalu klik OK.
2. Kemudian aplikasi PCB Layout akan terbuka dan jika semua benar akan tampil seperti ini.
3. Atur tata letak komponen dengan menggesernya.
4. Setup Autorouter pada menu Route > Autorouter Setup.
5. Untuk mode single layer, klik tab setting lalu ubah priority Layer Top menjadi OFF.
6. Start autorouter pada menu Route > Run Autorouter.
7. Dan layout PCB kita telah jadi, Simpan layout dengan klik menu File > Save as.
     Hadirnya software pembuatan skema rangkaian PCB tentunya menjadi nilai positif dalam dunia elektronika, karena dengan hadirnya software tersebut sangat membantu dalam pembuatan skema rangkaian elektronika, Bahkan menjadi sarana belajar yang sangat inovatif baik untuk siswa/mahasiswa atau masyarakat pada umumnya.