RUNNING LED with ATMEGA16

RUNNING LED with ATMEGA16
         Running led atau biasa disebut juga lampu berjalan merupakan animasi rangkaian led sederhana yang secara simultan menyala bergantian atau secara acak, bisa itu menyala dari dari kanan ke kiri atau sebaliknya dan menyala secara acak sehingga dapat membuat konfigurasi nyala led yang atraktif. Dalam pengaplikasian running led pada keseharian kita dapat kita lihat pada traffic light pada saat kita berkendara diajalan raya. Pada traffic light, lampu menyala secara bergantian sesuai dengan warnanya yang menjadi pengatur lalu lintas secara otomatis. Rangkaian running led dapat dibuat secara sederhana dengan sistem analog menggunakan komponen IC CMOS 4017 dan IC NE555, lantas bagaimana jika kita mengaplikasikan rangkaian running led menggunakan mikrokontroler sebagai "otak" dari running led tersebut?
         Pada postingan kali ini kita akan membuat rangkaian running led menggunakan mikrokontroler dengan atmega 16 sebagai "otaknya". Hal yang pertama kita butuhkan dalam rangkaian running
led menggunakan mikrokontroler ini adalah rangkaian sismin atau sistem minimum sebagai pusat kendali dari rangkaian running led tersebut. Pembahasan tentang sismin dapat dilihat pada
postingan sebelumnya disini.
         Dan berikut ini adalah skematik dan tata letak dari rangkaian running led yang dibuat pada proteus. 
         Pada rangkaian ini yang digunakan sebagai "otak" dari rangkaian sismin adalah atmega 16. Port atmega 16 yang digunakan sebagai output adalah port C0 sampai dengan port C7.
Berikut adalah tata letak komponen dan jalur yang dibuat pada proteus.
         Setelah desain skematik pada simulasi proteus selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat list program yang digunakan untuk menjalankan rangakaian running led tersebut.
Berikut ini contoh list program untuk menjalankan rangkaian running led menggunakan atmega 16.
         Setelah list program tersebut dicompile dengan menggunakan software cvavr, selanjutnya kita dapat menjalankan skematik simulasi yang telah kita buat sebelumnya pada proteus. List program tersebut akan menjalankan "running led" dengan menyalakan led secara bersamaan, dan akan mematikan led secara bergantian dimuali dari led teratas pada simulasi skematik proteus.
         Rangkaian running led sejatinya adalah rangkaian yang fleksibel, rangkaian ini dapat kita buat sesuai dengan kreatifitas dan imajinasi kita masing-masing. Demikian contoh dari rangkaian running led sederhana menggunakan atmega 16, selanjutnya rangkaian tersebut  dapat dibuat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kreatifitas kita masing-masing.