ADAPTOR

ADAPTOR

     Pernakah kita amati sumber arus listrik PLN yang kita gunakan di rumah,kampus,sekolah,kantor dll adalah arus listrik dalam bentuk arus AC/bolak-balik? Sedangkan hampir sebagian besar peralatan elektronik yang kita gunakan membutuhkan arus DC/searah dengan tegangan yang lebih rendah dalam pengoprasiannya.
     Oleh karenanya kita membutuhkan suatu alat atau rangkaian elektronika yang dapat merubah dari arus AC menjadi DC serta menyediakan tegangan dengan besaran tertentu sesuai dengan tegangan yang kita butuhkan. Rangkaian atau alat yang memiliki fungsi yang dapat merubah arus AC menjadi DC biasa kita sebut dengan istilah adaptor atau bahasa kerennya DC Power supply.

PENGERTIAN ADAPTOR
     Adaptor adalah sebuah alat atau rangkaian yang memiliki fungsi sebagai pengubah tegangan AC yang tinggi menjadi tegangan DC yang rendah. Adaptor juga memiliki fungsi sebagai alternatif pengganti dari tegangan DC seperti batrai/accu karena penggunaan tegangan AC lebih lama 
dan semua orang dapat menggunakannya asalkan ditempat tersebut terdapat aliran listrik.
     Adaptor yang berfungsi juga sebagai catu daya/power supply banyank digunakan pada alat elektronik seperti tv,radio dll yang rangkaian adaptornya telah dirakit atau dipasang (on board) langsung pada alat elektronik tersebut. Dan juga ada adaptor yang bersifat universal karena dirakit secara terpisah,biasanya memiliki tegangan output yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan seperti 3v,5v,9v,12v dan seterusnya. Namun selain adaptor yang bersifat universal tersebut ada pula pula adaptor universal yang hanya menyediakan besaran tegangan tertentu saja dan diperuntukan untuk alat/rangkaian elektronik tertentu misalnya adaptor leptop,mini drill,monitor dll.

FUNGSI ADAPTOR
Seperti pada penjelasan uraian diatas bahwa fungsi dari adaptor adalah merubah arus AC menjadi DC atau sebaliknya dengan besaran tegangan tertentu sesuai dengan kebutuhan.

MACAM-MACAM ADAPTOR
1.  Adaptor Power Supply, adalah adaptor yang memiliki fungsi merubah tegangan listrik AC yang besar menjadi teganga listrik DC yang kecil. Contoh : Dari tegangan AC 220v menjadi tegangan DC 12v
2.  Adaptor DC Converter, adalah adaptor yang memiliki fungsi merubah tegangan listrik DC yang besar menjadi tegangan listrik DC yang kecil. Contoh : Dari tegangan DC 12v menjadi tegangan DC 5v,
3.  Adaptor Inverter, adalah adaptor yang memiliki fungsi merubah tegangan listrik DC yang kecil menjadi tegangan listruk AC yang besar. Contoh :  Dari tegangan DC 12v menjadi tegangan AC 220v.
4.  Adaptor Step Up, adalah adaptor yang memiliki fungsi merubah tegangan AC yang kecil menjadi tegangan AC yang besar. contoh : Dari tegangan AC 110v menjadi tegangan AC 220v.
5.  Adaptor Step Down, adalah adaptor yang memiliki fungsi sebaliknya dari adaptor Step Up yaitu adaptor yang memiliki fungsi merubah tegangan AC yang besar menjadi tegangan AC yang kecil. Contoh : Dari tegangan AC 220v menjadi tegangan AC 110v.

BAGIAN-BAGIAN DALAM RANGKAIAN ADAPTOR

Dalam sebuah alat/rangkaian adaptor terdapat beberapa bagian, yaitu transformator (trafo), rectifier (penyearah), filter dan voltage regulator.

Tranformator (Trafo)
Transformator adalah komponen yang berfungsi untuk menurunkan atau menaikan tegangan AC sesuai dengan kebutuhan.
Pada sebuah rangkaian adaptor, trafo yang digunakan adalah jenis trafo step down/penurun tegangan.
Rectifier (Penyearah)
Didalam sebuah rangkaian adaptor, walau tegangannya sudah diturunkan namun arusnya masih bersifat bolak-balik/AC sehingga harus disearahkan terlebih dahulu. 
Bagian yang berfungsi untuk menyearahkan arus AC menjadi DC pada adaptor disebut dengan istilah rectifier ( penyearah gelombang ). Rangkaian Rectifier biasanya terdiri dari komponen Dioda.
Filter (Penyaring)
Filter adalah bagian yang berfungsi untuk menyaring atau meratakan sinyal arus yang keluar dari bagian rectifier. Filter ini biasanya terdiri dari komponen Kapasitor (Kondensator) yang berjenis Elektrolit atau ELCO ( Electrolyte Capacitor ).
Voltage Regulator
Untuk menghasilkan tegangan dan Arus DC yang tetap dan stabil , diperlukan bagian Voltage Regulator yang berfungsi untuk mengatur tegangan sehingga tegangan Output tidak dipengaruhi oleh suhu, arus beban dan juga tegangan input yang berasal Output Filter.

CONTOH RANGKAIAN ADAPTOR
Skematik Rangkaian
Pada rangkaian ini kita membuat adaptor dengan dual output, sebagai contohnya kita akan buat adaptor dengan output 5v dengan 12v.
Komponen dan alat yang dibutuhkan dalam pembuatan adaptor tersebut adalah :
-Trafo
-Dioda
-Elco
-IC regulator
-Resistor
-Led

PCB Layout Rangkaian
Hasil Rangkaian Alat
     Dengan mobilitas masyarakat dewasa ini, keberadaan adaptor adalah salah satu alat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena hampir semua alat elektronik yang kita gunakan pasti dalam struktur penggunaannya memerlukan adaptor sebagai power supply-nya.