Membuat Class untuk Operasi Layar pada Modus Teks

Membuat Class untuk Operasi Layar pada Modus Teks
          Setelah memahami cara menggunakan fungsi int86 atau teknik inline assembly untuk melakukan operasi pada layar monitor diartikel sebelumnya,maka kita dapat membuat sebuah class tersendiri untuk melakukan operasi pada layar monitor. Class yang akan kita buat akan mengenkapsulasi fungsi-fungsi setMode, getMode, writeChar, writeString, setCursorPos, getCursorPos dan getCharAttr. Namun,agar class yang dibuat dalam proses eksekusi program (runtime) bekerja lebih optimal maka semua fungsi anggota (method) yang pada pembahasan sebelumnya dibuat menggunakan fungsi standar int86, kali ini akan ditulis ulang menggunakan teknik inline assembly.
          Dalam pembuatan class dapat dilakukan tanpa membuat project terlebih dahulu, jadi cukup dilakukan dengan memilih menu File kemudian pilih submenu New lalu pilih Text Edit dari IDE Borland C++ 5.02. Class yang akan dibuat bernama Screen dan simpan kode program berikut ini dengan nama screen.cpp.
 /* 
   screen.cpp 
   Class library untuk operasi layar monitor. 
   Hak Cipta Pebi Yudha K. 
   April 2009 

   Disusun sebagai contoh program 
   Modul Praktikum Pemrograman C++ Lanjutan 
   AMIK BSI - Jakarta 
*/ 

#define UCHAR unsigned char 
#define VIDEO_INT 0x10 

class Screen 
   private: 
     UCHAR mode, row, col; 
     UCHAR rownum, colnum; 
     UCHAR active_page, visual_page; 
     UCHAR attribute; 

   public: 
     Screen(void); // Konstruktor default 
     Screen(UCHAR mode); 

     ~Screen(void); // Destruktor default 

     void setMode(UCHAR mode); 
     UCHAR getMode(void); 

     void setCursorPos(UCHAR y, UCHAR x); 
     void getCursorPos(UCHAR *y, UCHAR *x); 

     void writeChar(UCHAR letter); 
     void writeString(UCHAR *str); 

     void setAttribute(UCHAR attr); 
     UCHAR getCharAttr(UCHAR *attr); 

     void setActivePage(UCHAR page); 
     UCHAR getActivePage(void); 

     void setVisualPage(UCHAR page); 
     UCHAR getVisualPage(void); 

     void cls(void); 
};                                                                          // Akhir prototype class Screen


Screen::Screen(void) // Konstruktor default. 
{                                                                           // Menset layar pada 
   UCHAR mode; // mode 25 baris dan 
                                                                             // 80 kolom, warna huruf 
   this->row = 0;                                                     // abu-abu dan latar 
   this->col = 0;                                                      // hitam, 16 warna. 

   this->mode = mode = 0x03; 

   this->rownum = 25; 
   this->colnum = 80; 

   this->active_page = 0; 
   this->visual_page = 0; 

   this->attribute = 7; 

   asm mov ah, 0x00; 
   asm mov al, mode; 
   asm or al, 0x80; 
   asm int VIDEO_INT; 

   return; 

Screen::Screen(UCHAR mode) // Konstruktur 
{                                                                            // dengan 
   this->setMode(mode);                                          // parameter mode 
                                                                              // layar. 
   return; 

Screen::~Screen(void)                                            // Destruktor default. 
{                                                                            // Tidak melakukan 
   return;                                                                 // apapun. 

void Screen::setMode(UCHAR mode)   // Memilih 
{                                                                           // mode 
   this->mode = mode;                                           // layar. 

   this->active_page = 0; 
   this->visual_page = 0; 

   this->rownum = 25; 

   switch (mode)                                                    // Menentukan banyak kolom 
   {                                                                       // berdasarkan nomor mode. 
     case 0x00 : 
     case 0x01 : this->colnum = 40; 
                 break; 
     case 0x02 : 
     case 0x03 : 
     case 0x07 : this->colnum = 80; 
                 break; 

     default : this->colnum = 0; 
               break; 
   } 

   asm mov ah, 0x00; 
   asm mov al, mode; 
   asm or al, 0x80; 
   asm int VIDEO_INT; 

   return; 

UCHAR Screen::getMode(void) // Mengetahui 
{                                                                                  // mode layar. 
   return this->mode; 

void Screen::setCursorPos(UCHAR y, UCHAR x) 
   UCHAR page = this->active_page; 

   if ((y > this->rownum) || (x > this->colnum)) 
     y = x = 0; 

   this->row = y; // Menentukan posisi 
   this->col = x; // kursor. 

   asm mov ah, 0x02; 
   asm mov bh, page; 
   asm mov dh, y; 
   asm mov dl, x; 
   asm int VIDEO_INT; 

   return; 

void Screen::getCursorPos(UCHAR *y, UCHAR *x) 
   *y = this->row; // Mengetahui posisi 
   *x = this->col; // kursor. 

   return; 

void Screen::writeChar(UCHAR letter) 
   UCHAR page = this->active_page; 
   UCHAR attr = this->attribute; 

   asm mov ah, 0x09; // Menuliskan satu 
   asm mov al, letter; // karakter dan 
   asm mov bh, page; // atributnya 
   asm mov bl, attr; 
   asm mov ch, 0x00; 
   asm mov cl, 0x01; 
   asm int VIDEO_INT; 

   return; 

void Screen::writeString(UCHAR *str) 
   for (; *str != '\0'; str++) 
   { 
    if (this->col > this->colnum) 
    { 
      this->row++; // Mencetak rangkaian 
      this->col = 0; // karakter (string). 
    } 

    this->setCursorPos(this->row, ++this->col); 
    this->writeChar(*str); 
   } 

   return; 

void Screen::setAttribute(UCHAR attr) 
   this->attribute = attr; // Mengubah warna 
                                                                              // huruf dan warna 
   return;                                                                 // latar. 

UCHAR Screen::getCharAttr(UCHAR *attr) 
   UCHAR page = this->active_page; 
   UCHAR letter, attribute; 

   asm mov ah, 0x08; // Mengetahui 
   asm mov bh, page; // karakter dan 
   asm int VIDEO_INT; // atributnya pada 
   asm mov attribute, ah; // posisi kursor. 
   asm mov letter, al; 

   this->attribute = *attr = attribute; 

   return letter; 

void Screen::setActivePage(UCHAR page) 
   this->active_page = page; // Menentukan 
                                                                              // halaman aktif. 
   return; 

UCHAR Screen::getActivePage(void) 
{                                                                            // Mengetahui 
   return this->active_page; // halaman aktif. 

void Screen::setVisualPage(UCHAR page) 
   if (page > 7) page = 0; 

   this->visual_page = page; 

   asm mov ah, 0x05; // Menentukan halaman 
   asm mov al, page; // yang ditampilkan. 
   asm int VIDEO_INT; 

   return; 
}

UCHAR Screen::getVisualPage(void) 
{                                                                               // Mengetahui 
   return this->visual_page; // halaman yang 
}                                                                               // ditampilkan. 

void Screen::cls(void) 
{                                                                               // Membersihkan 
   UCHAR mode = this->mode; // tampilan layar 
                                                                                 // serta 
   this->row = 0;                                                         // memposisikan 
   this->col = 0;                                                          // kursor di 0, 0. 

   asm mov ah, 0x00; 
   asm mov al, mode; 
   asm int VIDEO_INT; 

   return; 
}

          Kode program screen.cpp diatas bukanlah suatu program untuk dikompilasi dan dijalankan, namun sebuah pustaka class (class library) yang fungsinya hampir sama dengan penggunaan file header (.h). Pada kode program screen.cpp terdapat beberapa fungsi anggota dari class Screen yang sebelumnya tidak dibahas, yaitu setAttribute, setActivePage, getActivePage, setVisualPage, getVisualPage dan cls.
          Fungsi anggota setAttribute digunakan untuk menentukan warna huruf dan warna latar (background color). Fungsi ini mengirimkan parameter bertipe unsigned character yang menunjukan warna huruf dan latar yang akan ditampilkan. Sedangkan untuk menentukan halaman halaman aktif digunakan fungsi setActivePage. Apa maksudnya halaman aktif? Halaman aktif adalah halaman memori video dimana proses operasi pada layar dilakukan, seperti memindahkan posisi kursor, menampilkan karakter, membersihkan layar dan sebagainya. Pada mode layar teks 80 baris 25 kolom terdapat delapan halaman memori video (halaman layar), yaitu halaman 0 sampai dengan halaman 7. Fungsi setActivePage digunakan untuk memilih nomor halaman tersebut dengan cara mengirimkan angka 0, 1, 2 sampai dengan 7 sebagai parameter. Umumnya pada saat pertama kali dijalankan program akan menggunakan halaman layar pertama (halaman 0) sebagai halaman visual (halaman dimana output program ditampilkan). Untuk mengetahui nomor halaman aktif digunakan fungsi anggota getActivePage yang mengembalikan nomor halaman aktif yang sedang digunakan.
          Selain fungsi setActivePage dan getActivePage untuk menangani nomor halaman layar, class Screen juga memiliki fungsi anggota untuk mengatur halaman visual. Apa maksudnya halaman visual? Halaman visual adalah nomor halaman dimana output program ditampilkan dan dapat terlihat oleh pengguna. Lalu apakah perbedaan antara halaman aktif dengan halaman visual? Suatu program dapat saja menyembunyikan proses penampilan output dengan cara menuliskan karakter-karakter pada halaman layar pertama (halaman 0) tetapi halaman visual yang ditampilkan adalah halaman kedua (halaman 1). Karakter-karakter yang dituliskan pada halaman 0 tersebut tidak akan benar-benar muncul dilayar monitor sampai pengguna memrogram untuk memilih halaman 0 sebagai halaman visual. Jika tidak, maka halaman 1 tetap akan ditampilkan walaupun halaman 1 kosong. Untuk memilih halaman visual digunakan fungsi setVisualPage dan untuk mengetahui nomor halaman yang sedang dijadikan halaman visual digunakan fungsi getVisualPage.
          Kegunaan fungsi anggota cls sendiri dapat diketahui dari namanya, yaitu untuk membersihkan tampilan layar (clear screen) dan memposisikan kursor pada baris 0 kolom 0 (baris pertama kolom pertama).
          Project berikut ini adalah demonstrasi penggunaan pustaka screen.cpp. Maksud dari programnya adalah untuk memberikan contoh penggunaan fungsi anggota setActivePage dan setVisualPage yang merupakan fungsi anggota dari objek Screen. Agar project contoh10.ide ini berjalan maka salinlah file screen.cpp dalam direktori yang sama tempat Anda menyimpan project.
#include <dos.h>
#include <stdlib.h>
#include "screen.cpp"                         // Header screen.cpp

int main(void)
{
            UCHAR i,j;
   Screen *layar = new Screen();

   layar->setAttribute(0x9f);
   layar->setActivePage(0);
   layar->writeString("Naruto");
   layar->setAttribute(0x6f);
   layar->setActivePage(1);
   layar->writeString("Sage SIX of Path");

   for (i=1; i<11; i++)
   {
            j=i%2;
      layar->setVisualPage(j);
      delay(3000);
   }
   delete layar;
   return EXIT_SUCCESS;
}
          Berikut ini adalah contoh program diatas saat dikerjakan pada lembar project BorlanC++.
          Hasil output dari program tersebut saat berhasil running adalah sebagai berikut:
Keterangan:
 Ketika program diatas dijalankan maka output dari pogram tersebut akan memuncul tulisan “Naruto” dan “Sage SIX of Path” secara bergantian dengan jeda waktu selama 3 detik. Tulisan ”Naruto” ditampilkan pada halaman 0 sedangkan “Sage SIX of Path” pada halaman 1.