Membaca Karakter pada Posisi Kursor

Membaca Karakter pada Posisi Kursor
          Pada artikel kali ini akan membahas cara mengetahui nilai karakter dan warna karakter yang sudah tercetak dilayar. Seperti telah kita ketahui sebelumnya bahwa layar monitor pada mode teks normal terdiri dari suatu baris dan kolom. Dengan mengarahkan kursor pada baris dan kolom tertentu, dapat kita ketahui karakter/huruf yang tercetak dan warna dari karakter/huruf tersebut.
          Nomor interupsi yang digunakan untuk mengetahui karakter dan warna karakter pada posisi tertentu adalah interupsi 10 heksadesimal servis 8 heksadesimal. Berikut ini adalah prosedur untuk menjalankan interupsi tersebut:
:  Register AH harus bernilai 8 heksadesimal.
:  Register BH berisi nomor halaman tampilan,halaman pertama nilainya 0..
          Setelah interupsi dijalankan maka register AH akan berisi nilai warna dari karakter dan register AL akan berisi karakter/huruf yang ditampilkan. Berikut ini adalah contoh sederhana untuk membaca karakter pada posisi tertentu dilayar. Untuk menyederhanakan kode program, contoh berikut akan menggunakan fungsi standar gotoxy, textcolor, textbackground, cprintf dan int86.
#include <conio.h>
#include <dos.h>
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

#define VIDEO_INT 0x10
#define UCHAR unsigned char

UCHAR getCharAttr(UCHAR *attr);

int main(void)
{
   UCHAR huruf, warna;

   clrscr();
   gotoxy(10, 5); textcolor(9);
   textbackground(4);
   cprintf(" Latihan C++ ");
   gotoxy(13, 5);

   huruf = getCharAttr(&warna);

   gotoxy(1, 7);
   printf("Karakter pada baris 5 kolom 13: %c\n", huruf);
   printf("Warna\\atribut dari karakter : %#x\n", warna);
   getch();

   return EXIT_SUCCESS;
}

UCHAR getCharAttr(UCHAR *attr)
{
   union REGS in, out;

   in.h.ah = 0x08;
   in.h.bh = 0x00;
   int86(VIDEO_INT, &in, &out);

   *attr = out.h.ah;

   return out.h.al;
}
          Pada program diatas, fungsi yang dibuat untuk membaca karakter dan warna atributnya adalah fungsi getCharAttr. Fungsi ini mengirimkan parameter dengan tipe data unsigned character secara acuan. Setelah fungsi tersebut dijalankan, parameter attr berisi nilai warna atribut dari karakter sedangkan fungsi getCharAttr sendiri mengembalikan nilai karakter yang dibaca.
          Berikut ini adalah script coding diatas yang dikerjakan pada lembar project Borlan C++:
          Hasil output dari program tersebut saat berhasil running adalah sebagai berikut:
Keterangan:
 Output dari program tersebut adalah menampilkan informasi nilai karakter dan warna karakter yang sudah tercetak dilayar. Yang mana fungsi dari getCharAttr disini adalah untuk membaca karakter dan warna atributnya.